Senin, 29 Oktober 2012

Pojok Pondok Gede

Pondok gede merupakan daerah satelit di kawasan Bekasi yang menghubungkan langsung kota Bekasi dengan Jakarta. Di pusat wilayah ini juga terdapat pusat perbelanjaan yang cukup besar. Wilayah ini cukup banyak dilewati oleh angkutan umum yang berasal dari dan menuju Bekasi dan Jakarta. Wilayah ini sangat strategis, selain sebagai penghubung Jakarta dan Bekasi, Pondok Gede juga memiliki pusat perbelanjaan.

Karena dua alasan di atas wilayah Pondok Gede menjadi sangat rawan kemacetan. Bertumpuknya angkutan umum yang melawati daerah ini menjadi salah satu penyebabnya. Persoalan lebih lanjutnya karena wilayah ini yang begitu strategis tidak memiliki terminal. Semua lahan yang ada di sini dibangun menjadi gedung-gedung perbelanjaan. Tidak terbersit sekalipun terlihat niatan untuk membangun terminal.

Permasalahan selanjutnya adalah masih banyaknya pedagang kakilima yang berdagang di badan jalan. Ini menambah pemandangan Pondok Gede semakin kumuh, kotor dan macet. Direnovasinya gedung lama menjadi pasar modern menjadi salah satu penyebab dari banyaknya pedagang kakilima yang berjualan di jalanan. Mahalnya uang tebusan untuk kembali berjualan di dalam pasar tersebut membuat pedagang tidak memiliki pilihan lain untuk melanjutkan pencariannya tersebut. Rupanya renovasi pasar tersebut bukan menjadi sebuah solusi untuk memperindah wilayah Pondok Gede tetapi malah semakin memperkeruh permasalahan.

Tidak adanya lahan yang dibangun menjadi terminal dan mahalnya biaya yang harus ditebus pedagang untuk kembali berdagang di dalam pasar menjadi sebuah kesalahan besar pemerintah kota Bekasi dalam melakukan pemerintahan. Seharunsnya hak-hak pedagang yang telah memiliki kontrak penjang berjualan di dalam pasar sebelum direnovasi kembali diberikan walau sekarang gedungnya gedung baru. Perlindungan terhadap pedagang di wilayah pasar Pondok Gede dari pemerintah sangat kecil. Yang pada akhirnya malah memperburuk pemandangan daerahnya sendiri.

Kami berharap kepada calon pemimpin baru kota Bekasi yang nanti menjadi walikota mampu memperbaiki wilayah Pondok Gede. Bukan sekedar janji manis saja. Permasalah di kawasan ini sudah sangat kompleks. Butuh penanganan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
sedang berproses, sederhana dan membumi. follow twitter: @ojiwae