Jumat, 28 Agustus 2015

Ambisi Persija di Piala Presiden

Piala Presiden yang diselenggarakan oleh Mahaka Sports akan resmi dibuka. Partai pembukaan akan digelar di pulau Bali yang menyuguhkan pertandingan antara tuan rumah Bali United vs Persija Jakarta.

Persija yang memiliki ambisi untuk lolos ke partai semifinal tentunya akan memulai turnamen ini dengan penampilan yang ngotot. Meski telah ditinggal oleh beberapa pemain andalannya macam Vunk dan Kabayev anak asuhan pelatih berpengalaman Rahmad Darmawan ini optimistis dapat mengakhiri fase grup dengan hasil maksimal.

Meski sudah lama tak berlatih bersama, namun para pemain kebanggaan The Jakmania ini yakin mampu memberikan hasil yang maksimal kepada seluruh para supporternya. Masih bergabungnya dua pemain senior Ismed Sofyan dan Bambang Pamungkas diyakini oleh RD mampu memotivasi semangat juang para pemain lain. Dua pemain ini merupakan pemimpin skuad Persija baik dilapangan maupun di luar lapangan.

Target tinggi yang diberikan oleh manajemen kepada pemain dan pelatih tak membuat mental para pemain ciut. Tergabung bersama tuan rumah Bali United, Persita Tangerang, dan juga Mitra Kukar tak membebani para pemain untuk mencapai target yang diharapkan.

Dilaga pembuka Macan Kemayoran akan dijamu tuan rumah Bali United. Menghadapi Bali United yang dahulu bernama Persisam Samarinda, Bepe cs memiliki rekor bagus. Persija yang harus kehilangan dua pemain muda andalannya yakni Adam Alis dan Alvin Tuasalamony optimistis mampu mengatasi perlawanan tuan rumah. Laga pembuka ini sangat penting bila tim asal ibu kota tersebut ingin lolos ke putaran berikutnya.

Sedangkan pada laga kedua Persija akan menghadapi tim lemah Persita Tangerang. Tak sepatutnya anak-anak asuh Rahmad Darmawan menganggap remeh karena setiap tim memiliki target khusus pada gelaran kali ini. Meski di pertemuan terakhir Persija mampu mempermalukan Laskar Cisadane dengan skor telak 0-4, kiranya tak membuat skuad Macan Kemayoran lupa diri. Menghadapi Persita menjadi laga wajib meraih poin penuh.

Pada laga terkahir, Persija menghadapi tim kuat lainnya yakni tim penuh ambisi Mitra Kukar. Andritany patut waspada menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Maklum saja, Persija kerap kali kesulitan apabila menghadapi tim asal Kutai Kartanegara ini. Pada tahun 2013, dua kali pertemuan menghadapi Mitra Kukar, Persija Jakarta dua kali takluk. Meski kekuatan tim saat ini sudah berbeda, namun Alan Acier cs di lini pertahanan Persija harus kerja keras agar mampu mencapai hasil maksimal.

Bali United tampaknya akan menjadi lawan yang paling diwaspadai oleh skuad asuhan RD. Tim ini tetap utuh meski liga sudah lama terhenti. Persiapan mereka tampak paling matang daripada para kontestan yang tergabung dalam satu grup bersama Persija.

The Winning Team

Persiapan terakhir sebelum menuju Piala Presiden, Persija mampu menaklukan PSAL dalam laga uji coba. Dalam rilisan terakhir pemberitaan nasional skuad RD semakin lengkap tatkala manajemen berhasil mendatangkan Nur Iskandar, Vendry Mofu, dan Irsyad Maulana. Pemain-pemain pinjaman dari Semen Padang ini diharapkan mampu menutup lobang yang ada dalam tim. Dua pemain asing Mbida Messi dan James Koko Lomel yang ikut bersama tim diharapkan dapat mengisi posisi Vunk dan Kabayev.

Kini Rahmad Darmawan memiliki banyak pilihan untuk menentukan komposisi the winning team nya. Andritany akan menjadi pilihan utama di bawah mistar. Alan Acier dan Gunawan memiliki kesempatan untuk dipasangkan secara bersamaan. Dua palang pintu tersebut memiliki karakter dan cara bermain yang berbeda. Alan bermain lebih cenderung menunggu dan membaca permainan lawan, sedangkan Gunawan berfungsi sebagai destroyer yang mengganggu konsentrasi lini serang lawan. Dua bek sayap seperti Ismed dan Vava akan melengkapi komposisi pertahanan. Selain itu ada Ambrizal yang akan menjadi opsi lain di lini ini.

Lini tengah Persija begitu banyak pilihan. Siapa saja yang akan bermain tentunya akan sangat dipengaruhi oleh skema dan formasi dari tim pelatih. Mbida Messi dan Amarzukih tentunya memiliki peluang tampil lebih sering. Pemain berpengalaman seperti Amarzukih mampu membantu dengan baik lini pertahanan dan membantu transisi tim dari penyerangan ke bertahan maupun sebaliknya. Mbida Messi akan bermain lebih banyak meminta bola. Mengalirkan permainan dari belakang ke depan. Ramdani dan Irsyad akan dominan pada lini sayap Macan Kemayoran. Kedua pemain ini memiliki skill mumpuni dalam posisi tersebut. Irsyad yang musim lalu tampil cukup gemilang sebagai the rising star di ISL. Sedangkan Ramdani sudah sangat akrab dengan konsep permain Rahmad Darmawan.

Rendy akan bersaing dengan James Koko dalam merebut tempat di belakang striker. Kedua pemain ini cukup mobile berada di sepertiga area pertahanan lawan. Bambang tampaknya akan menjadi striker tunggal. RD memang kerap kali bermain dengan skema tersebut. Memasang satu striker, dan lebih menguatkan lini tengah agar tim lebih dominan mengontrol permainan.

Tentunya, semua pihak tak akan ada yang tahu apa yang akan menjadi pilihan tim pelatih Persija.

Kondisi Psikologis

Meski sebelum turnamen Persija Jakarta dilanda isu tak sedap dan kehilangan beberapa pemain andalannya, namun saat ini skuad mereka sudah kembali pada kepercayaan diri yang tinggi. Gaji yang belum juga dibayarkan oleh manajemen tak membuat surut semangat para pemain. Ajang ini dijadikan mereka untuk memperoleh hasil maksimal, karena memang pihak promotor yang menggelar turnamen menjanjikan fee yang cukup menggiurkan.

Selain itu perjuangan Macam Kemayoran di pulau Dewata tak sendirian. Bepe cs mendapat dukungan langsung dari para supporter fanatik mereka The Jakmania. The Jak berniat mendampingi penuh laga-laga Persija di babak grup ini. Dukungan langsung yang diberikan para The Jak sudah sepatutnya semakin membuat semangat para pemain untuk meraih hasil maksimal. Diharapkan pula, turnamen yang diikuti 16 klub ini dijadikan sebagai pengembalian kejayaan dari Macan Kemayoran yang telah lama hilang.

Di tengah mati surinya sepak bola tanah air, semua hal dapat terjadi pada Piala Presiden ini. meski para pesertanya sudah lama ada yang membubarkan diri termasuk Persija Jakarta, namun hal itulah yang menjadi misteri dalam membaca kekuatan pemain. Persija masuk semi final? Kenapa tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
bekasi, jawa barat, Indonesia
sedang berproses, sederhana dan membumi. follow twitter: @ojiwae